Laman

  • Beranda
  • Manajemen
  • SosBud
  • Pancasila
  • Sikripsi
  • Perkoperasian
  • Perbankan

Agar Strategi Pemasaran Produk Baru Berhasil



[ekonomi.andaikata.com] - Sejumlah penelitian dan survey menunjukkan bahwa banyak strategi pemasaran produk baru tidak menghasilkan output yang bagus. Sebuah survey yang dilakukan di Amerika Serikat bahkan menunjukkan bahwa kegagalan pemasaran produk yang baru dikeluarkan perusahaan mencapai angka 90%, saat produk diperkenalkan pertama kali. Apa yang menjadi penyebab dari kegagalan strategi pemasaran tersebut? Pada kenyataannya, banyak hal yang mempengaruhi berhasil tidaknya sebuah upaya pemasaran; mulai dari positioning produk, cara pemasaran yang kurang komunikatif, kualitas produk yang tidak memenuhi harapan pasar, cara pelayanan yang tidak menarik, dan sebagainya.

Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pemasaran Produk Baru

Keberhasilan sebuah upaya pemasaran produk baru dipengaruhi oleh banyak faktor; mulai dari produk itu sendiri, pelaku pemasarannya, hingga efektivitas strategi pemasaran produk baru yang dipakai. Mengenai produk, jelas bahwa produk apapun yang berkualitas tinggi tentu akan lebih mudah menggaet konsumen, terutama jika produk tersebut memiliki nilai lebih yang tidak dimiliki oleh produk-produk lain. Didukung dengan strategi yang efektif, maka upaya pemasaran akan lebih mudah menarik konsumen.

Faktor lain yang turut menentukan tingkat keberhasilan strategi pemasaran produk baru adalah keaktidan pemasar dan intensitas pengenalan produk baru. Karena merupakan produk baru, otomatis konsumen belum familiar dengannya. Oleh karena itu, strategi pemasaran hendaknya dijalankan dengan intensitas tinggi. Ingatlah bahwa Anda membutuhkan waktu agar konsumen mengenal dan kemudian menerima produk Anda. Selain intensitas, Anda pun harus aktif dalam kegiatan pemasaran; misalnya sering mengikuti pameran, rajin membuat tulisan di media sosial, dan sebagainya. Semakin sering dan aktif Anda muncul dengan produk Anda, semakin besar kemungkinan calon konsumen akan menemukan dan meliriknya.

Bagaimana Menarik Minat Konsumen terhadap Produk Baru?

Memperkenalkan produk yang agak atau benar-benar baru kepada konsumen jelas merupakan tantangan bagi setiap pebisnis yang ingin menjangkau konsumen sebanyak mungkin. Ada banyak strategi pemasaran produk baru yang bisa ditempuh untuk membuat produk baru dikenal dan diterima oleh pasar. Contoh strategi yang bisa dicoba antara lain sebagai berikut:

- membuat produk baru yang memiliki nilai lebih, agar konsumen tergerak untuk membeli atau menggunakannya. Ini tidak terlepas dari keinginan setiap konsumen untuk bisa memenuhi kebutuhannya dengan sesuatu yang ‘lebih’
- membuat pemasaran yang menarik; misalnya dengan menawarkan program diskon, bonus, brosur dengan desain menarik, dan sejenisnya;
- memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan-pelanggan pertama untuk menciptakan kesan baik tetang produk baru Anda,
- mengikuti event seperti pameran,
- memanfaatkan media sosial; yang memang memiliki audiens luas serta produk teknologi tinggi lainnya,
- menjangkau pasar yang lebih luas; misalnya dengan mempromosikan di tempat-temat baru, website retailer di internet. Sebelum melakukannya, ada baiknya Anda melakukan survey tentang potensi pasar dari produk yang ditawarkan.